Jadwal Dokter RS Siloam Kebon Jeruk: Berikut Beragam Jenis Olahraga Lari dan Manfaatnya

Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati. Lari dapat membantu penderita jantung untuk hidup lebih sehat. Olahraga ini dapat dilakukan dalam jarak jauh maupun dekat. Sesuai dengan jadwal dokter RS Siloam Kebon Jeruk  untuk mengkonsultasikan jenis lari yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan.
Berikut adalah manfaat olahraga diantaranya:
  • Dapat mengecilkan betis dengan berlari pada jarak jauh lebih efektif dengan waktu yang singkat.
  • Dapat menurunkan berat badan karena mengurangi kalori pada tubuh sekaligus menurunkan kolesterol dalam darah, memperbaiki metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar.
  • Dapat meningkatkan kualitas otak karena membantu asupan oksigen yang membantu saraf pusat termasuk otak sehingga dapat berfungsi aktif.
  • Dapat menghindarkan tubuh dari penyakit cardiovascular dan memberikan peluang hidup lebih panjang.
  • Meningkatkan fungsi pada organ tubuh sehingga jantung dapat memompa lebih besar darah dan memasukkan oksigen dalam tubuh yang berdampak positif pada tulang dan sendi tubuh sehingga akan mencegah terjadinya ostarthritis dan degenartif.
  • Dapat mengurangi depresi karena akan meningkatkan endorphin sehingga memberikan perasaan bahagia sehingga depresi menghilang.
  • Dapat memperbaiki kualitas tidur serta dapat menghilangkan insomnia dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih baik.
  • Mengurangi kecemasan karena menurunnya ketegangan pada otot dan meningkatkan rasa percaya diri.
Lari berbeda dengan jogging dimana lari membutuhkan tingkat bugar tubuh dibandingkan dengan jogging, berlari mengharuskan seseorang untuk dapat bergerak lebih cepat dan menuntun kerja lebih keras. Berlari akan merangsang laju pernapasan maupun denyut jantung dan memerlukan oksigen dengan cara yang sama senam lantai, berenang, jalan cepat, latihan angkat beban dan bersepeda. Minuman untuk olahraga harus memiliki kandungan elektrolit dan kalori sehingga akan mengganti cairan tubuh dan mencegah tubuh menjadi lemas dengan berlari 30 menit hingga 1 jam dengan minuman air putih adalah pilihan terbaik.
Untuk lari maka pilih sepatu yang tepat supaya telapak kaki tidak terluka dan sebaiknya memilih sepatu yang diperuntukkan lari. Sepatu harus mengecek bagian bawah karet dan jika terlalu tipis perlu mengganti sepatu yang baru dan perhatikan jenis sepatu yang lebar maupun sempit. Sebaiknya melakukan olahraga di siang hari karena akan membuat matahari akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat dan sebaiknya siang hari melakukan olahraga aerobik. Sebaiknya jangan lupa beristirahat untuk melemaskan otot sehingga akan menghindari cedera hamstring sebagai penyebab area belakang pada bagian paha hingga betis terasa nyeri.
Berikut adalah jenis olahraga untuk pemanasan lari:
  • Walking lunge, dengan gerakan yang memposisikan tubuh berdiri tegak, langkahkan satu kaki depan, tekuk lutut, tahan selama beberapa detik dan mengulangi gerakan kaki hingga 10 kali.
  • Kneeling hip flexor stretch dengan memposisikan tubuh, melangkahkan kaki 90 derajat, menjaga tubuh dengan mengangkat tangan keatas, tahan beberapa lama dan mengulang gerakan selama 10 kali.
  • Side stretch dengan memposisikan tubuh tegak, mengarahkan tangan keatas dan mendorong tubuh kearah kanan mengikuti tangan, tahan ke bagian bawah dan tahan dalam dua kali pernapasan.
Sebaiknya tidak menggunakan jaket ketika berlari karena dapat menyebabkan kram disebabkan oleh panas belum lagi cuaca yang panas. Merasakan dehidrasi berat karena tubuh kehilangan cairan dan gejala mengalami lelah, pusing, hingga disorientasi mental. Heat exhaustion dimana tubuh berjam-jam yang menyebabkan tubuh kehilangan tubuh lelah. Untuk konsultasi masalah olahraga dapat mengecek jadwal dokter RS Siloam Kebon Jeruk untuk penyembuhan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *